Berkendara jarak jauh dengan menggunakan mobil menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan pengalaman menyenangkan selama berlibur. Anda tidak perlu memikirkan biaya penyewaan kendaraan selama berada di tempat tujuan. Biasanya, asuransi mobil menjadi hal yang sangat dibutuhkan sebagai antisipasi apabila terjadi sesuatu yang di luar dugaan, seperti terjadi kecelakaan atau mobil mengalami masalah di tengah perjalanan. Selain itu, performa mobil harus biasanya akan diperiksa sebelum memulai perjalanan.


Namun, satu hal yang tidak kalah penting adalah, pemeriksaan mobil setelah melakukan perjalanan jarak jauh. Ini dilakukan untuk mengembalikan performa mobil agar tetap prima. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

1.       Periksa kelistrikan kendaraan

Kelistrikan kendaraan merupakan bagian penting yang harus dijaga. Sebab, bagian ini yang membuat mobil berfungsi dengan baik. Cara mengeceknya yaitu dengan mengaktifkan lampu utama, lampu kabin, head unit, dan juga lampu sein. Lalu, pastikan mobil dapat dihidupkan dengan lancar. Setelah itu, cek bagian AC. Cek cairan aki jika menggunakan aki basah, apakah cairan masih cukup atau tidak. Jika menggunakan aki kering, Anda dapat memeriksanya melalui indikator. Lampu indikator yang berwarna merah atau biru menandakan aki masih dalam kondisi baik.

2.       Bersihkan kabin

Selama perjalan, pasti para penumpang akan membawa banyak makanan sebagai bekal di perjalanan. Seringkali, hal ini membuat jok atau sela-sela mobil menjadi kotor karena adanya tumpahan sisa-sisa makanan. Segera bersihkan sisa-sisa makanan atau sampah lainnya agar tidak mengundang binatang atau serangga dan menjadi rawan penyakit. Selain itu, sisa makanan yang tidak segera dibersihkan akan membuat mobil menjadi bau dan noda makanan menjadi sulit dibersihkan.

3.       Periksa ban dan kaki-kaki

Komponen penting lainnya yang harus diperiksa adalah ban dan kaki-kaki. Untuk mengecek komponen ini, Anda memerlukan dongkrak mobil. Pakai dongkrak mobil di bagian roda depan dan periksa dengan teliti, apakah ada masalah atau tidak. Gerakkan roda ke kiri dan kanan. Jika ada yang goyang, cek bagian ball joint dan tie-dot. Ketebalan ban juga perlu diperiksa. Caranya yaitu melalui TWI (Tread Wear Indicator) untuk memastikan apakah ban masih tebal atau sudah menipis.

4.       Periksa mesin dan cairan-cairan penting

Cara mudah untuk memeriksa ruang mesin adalah dengan mendengarkan suara mesin. Suara yang masih halus dan tidak janggal, menandakan ruang mesin masih bagus. Selain itu, pastikan tidak ada tumpahan cairan pada mesin. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah memeriksa cairan-cairan yang berkurang dan perlu diganti, seperti minyak rem, cairan radiator, oli mesin, dan cairan wiper.

Nah, itulah cara mudah memeriksa mobil setelah dipakai untuk berkendara jarak jauh. Cara ini untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mobil yang pastinya akan memakan biaya yang besar. Semoga bermanfaat!