Portofolio Investasi untuk Para Investor Pemula

Bagi kalian ingin terjun dalam dunia investasi, kalian harus paham tentang portofolio investasi. Dalam dunia investasi, portofolio sangat penting karena menentukan bunga yang kalian inginkan supaya investasi semakin optimal. Ada 3 faktor utama dalam portofolio yakni modal, tujuan & resiko.

 


Portofolio merupakan satu kumpulan aset investasi yang dapat berupa properti, obligasi, deposito, emas, saham, dll. Ada juga yang dinamakan manajemen portofolio, yakni cara mengelola kumpulan aset untuk mencapai suatu tujuan investasi. Investasi sendiri bertujuan untuk memperoleh keuntungan maksimal dengan resiko seminimal mungkin. Supaya resiko investasi bisa ditekan, kalian juga dapat menggunakan diversifikasi investasi dari teori portofolio.

 

Pembentukan Portofolio Investasi

Untuk melakukan diversifikasi ke portofolio, tidak bisa langsung menanamkan investasi ke dalam beberapa instrumen investasi. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya instrumen investasi yang dijadikan portofolio bisa menghasilkan bunga yang optimal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

1.    Modal

Besar kecilnya modal pasti akan berpengaruh pada portofolio. Makin kecil modal, makin kecil pula kesempatan melakukan diversifikasi investasi. Selain itu, ada juga batasan dalam membuat portofolio sesuai dana yang kalian punya.

2.    Tujuan

Tujuan di sini berkaitan dengan tujuan investasi, tujuan memiliki properti, tujuan membeli obligasi, tujuan punya saham, dll. tergantung investasi apa yang ingin kalian miliki. Dengan tujuan yang berbeda-beda, portofolio juga akan berbeda pula. Seperti halnya kalau kalian mau mendapatkan yield investasi, pastinya akan berbeda secara struktur portofolionya dengan yang tujuannya mendapatkan capital gain.

3.    Waktu

Dengan waktu, kalian bisa menentukan berapa lama kalian akan memperoleh keuntungan dari investasi yang akan kalian lakukan. Kalian harus secara hati-hati menentukan pilihan waktu investasi apakah jangka panjang atau jangka pendek.

4.    Profil Resiko

Setidaknya, secara umum ada tiga jenis karakter investor dalam melakukan investasi, yakni moderat, konservatif & agresif. Semua jenis karakter investor di atas punya ada kaitannya dengan profil resiko.

 

Investor moderat adalah investor yang punya toleransi pada resiko yang lebih tinggi asal keuntungan yang diperoleh sepadan & sesuai dengan resiko. Investor konservatif biasanya akan melakukan investasi dalam instrumen investasi yang punya pengembalian jangka panjang. Investor agresif biasanya lebih suka tantangan & spekulasi pada investasi dengan resiko tinggi.

Kalau kalian sudah paham ketiga jenis karakter investor di atas, maka portofolio yang kalian buat akan berorientasi pada kepentingan investor serta sesuai dengan apa yang kalian inginkan.

 

Evaluasi Kinerja Portofolio Investasi

Kalian harus mengevaluasi kinerja portofolio guna melihat apakah portofolio yang dimiliki telah berjalan sesuai rencana, apakah telah maksimal, dan apakah telah memberi keuntungan sesuai dengan yang kalian harapkan.

Dengan mengevaluasi portofolio milikmu, setidaknya kalian akan memperoleh hal-hal berikut ini:

1.    Untuk menganalisa apakah portofolio investasi milikmu sudah berjalan sesuai dengan apa yang kalian harapkan atau belum.

2.    Untuk bisa tahu instrumen investasi mana dalam portofolio yang punya kinerja baik atau tidak

3.    Merevisi investasi dalam portofolio yang berjalan tapi tidak sesuai dengan apa yang kalian harapkan

 

Para investor maupun calon investor wajib tahu tentang portofolio dalam investasi karena ada banyak sekali jenis investasi. Dengan memahami portofolio, diharapkan para investor dapat memaksimalkan investasinya dengan beragam alternatif jenis instrumen investasi.

 

Investasi P2P Lending

Jika kalian tertarik dengan investasi, ada banyak pilihan yang bisa kalian ambil. Bagi kalian yang mau membantu mengembangkan usaha kecil & menengah (UKM) di Indonesia, Akseleran adalah tempat yang tepat. Ya, di Akseleran, kalian bisa melakukan investasi P2P Lending. Akseleran adalah sebuah platform pengembangan dana yang optimal dengan menawarkan bunga mencapai 16 persen tiap tahun. Tentu saja, bunga tersebut tergolong cukup tinggi untuk sebuah investasi. Jadi, jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk mengembangkan dana kalian sekaligus berkontribusi untuk ekonomi nasional dalam waktu yang bersamaan.

 

Investasi dengan profit tinggi tak selalu membutuhkan modal besar. Investasi P2P lending di Akseleran bisa dimulai dengan hanya 100 ribu rupiah saja. Silahkan hubungi CS Akseleran lewat telepon atau email untuk mengetahui syarat & ketentuan lebih lanjut.

 

Deskripsi: Portofolio investasi adalah satu kumpulan aset investasi yang dapat berupa properti, obligasi, deposito, emas, saham, dll.

Post a Comment

0 Comments